The Magic Of 3D Max Video Post

Pada kesempatan ini saya akan menerangkan bagaimana menggunakan Video Post dalam 3D Studio Max dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukannya. Video Post ada pada menu Rendering > Video Post. Video Post ini sebenarnya semacam Video Editing Tool yang terintegrasi dengan 3D Max itu sendiri. Kemampuan utamanya adalah mampu memberikan efek-efek khusus pada scene yang sedang kita buat tanpa membebani penggunaan resource komputer karena pemberian efek tersebut dilakuan dengan metode “Komposisi” sehingga antara efek dengan objek yang memberikan efek tersebut sebenarnya terpisah. Untuk lebih jelasnya berikut latihannya:

Buka 3D Max-nya dan buatlah sebuah path dan sebuah Sphere pada Viewport Front seperti pada gambar berikut ini :

free image hosting

Kemudian buatlah sebuah animasi Path Constraint dengan bantuan sebuah Dummy. Sebelumnya atur animasinya agar berlangsung selama 200 Frame.

Setelah itu buatlah sebuah Partikel SuperSpray yang nantinya akan dihubungkan dengan Dummy agar ikut teranimasi dengan Objek Sphere yang telah dibuat sebelumnya. Aturlah agar partikel yang dihasilkan seakan-akan berhasal dari gerakan Objek Sphere tertsebut, seperti pada gambar berikut :

free image hosting

Sekarang kita akan memulai tahap yang paling penting yaitu pemberian Material dan ID tiap-tiap material tersebut. ID ini berfungsi sebagai pengenal dalam Video Post nantinya. Berikan ID 1 untuk material Sphere dan ID 2 untuk material SuperSpray. Pemberian ID ini terserah pada kita asalkan tidak ada ID yang sama untuk tiap material benda/ objek dalam Scene kita. Jika telah selesai tambahkan Camera untuk tetap menjaga arah dan sudut pandang kita.

free image hosting

Berikutnya kita masuk ke Video Post. Buka VP ini melalui menu Rendering > Video Post. Setelah menu VP terbuka maka akan tampak sebuah Time Line dan desebelah kanan ada yang namanya “Secuence Tree” dimana pada bagian inilah kita meletakkan urutan-urutan Scene kita yang nantinya akan diberi efek khusus.

Selanjutnya untuk mengawali tekan tombol Add Scene Event dan pilih Camera 1 sebagai View utama. Lalu dilanjutkan dengan menekan tombol Add Image Filter Event . Filter ini berisi beberapa efek-efek khusus yang nantinya dapat kita pilih untuk dimasukkan dalam Scene yang sedang kita buat. Untuk latihan kali ini pilih Lens Effect Glow. Tekan Ok dan hasilnya seharusnya seperti gambar berikut ini :

free image hosting

Terdapat dua Secuence disebelah kanan dan terdapat 3 buag Timeline.

Klik dua kali pada Filter Lens Effect Glow yang pertama sehingga akan muncul kotak dialog baru. Tekan Setup setalh itu muncul lagi kotak dialog baru lalu Aktifkan menu Preview dan VPQueue agar kita secara interaktif bisa melihat hasilnya. Yang paling utama pada tahap ini adalah ganti Effect ID menjadi 1 karena efek ini akan kita kenakan pada objek Sphere yang sebelumnya telah kita beri material ber ID 1.

free image hosting

Pindah ke tab Preferences dan ganti Color yang digunakan ke mode user dan pilih warna biru muda. Untuk Size sesuaikandengan besar Objek Sphere yang dibuat sebelumnya. Setelah itu pindah ke tab Inferno dan pilih Elektric sebagai settingan efeknya. Pilihan-pilihan atau pengaturan-pengaturan lain bisa anda lakukan sesuai dengan kreasi dan kreatifitas Anda sendiri. Berikut gambarnya :

free image hosting

free image hosting

Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk material SuperSpray sehingga pada Video Post menjadi seperti gambar berikut ini :

free image hosting

Ingat, sesuaikan EffectID dengan Material ID dari SuperSpray. Jika semua lamgkah telah dilakukan maka tampilannya kurang legih seperti gambar berikut ini :

free image hosting

Efek yang kita berikan pada masing-masing Material telah kelihatan. Tapi apabila kita Render denga pilihan Render biasa maka apa yang telah kita lakukan selama ini akan menjadi sia-sia. Solusinya kita juga harus merender dengan bantuan Video Post ini.

Untuk merender tekan tombol add Image output event lalu akan muncul kotak dialog baru yang berisi pengaturan rendering yang akan kita lakukan. Hampir sama dengan proses rendering biasa, pada tahap ini kita akan diminta untuk menentukan nama file hasil dan tipe file-nya (pilih .AVI). Jika sudah maka akan muncul Seceunce baru pada Video Post yang namanya sesuai dengan yang kita tuliskan sebelumnya sebagai file hasil keluarannya.

free image hosting

 

Jika hasilnya sudah seperti gambar 10 diatas maka tekan tombol yang bergambar seperti orang yang berlari untuk merender seluruh Secuences yang telah kita buat.

Bagaimana?..Mudahkan menggunakan Video Post…

free image hosting

2 thoughts on “The Magic Of 3D Max Video Post

  1. thankx ya ilmunya…
    aku mau bikin view dari kamera yg seolah2 pandangan kita sedang melihat sesuatu…
    bisa ga itu memakai cara ini???
    secara gitu aku baru megang 3dmax sekali, tapi uda mau bikin yg ribet…
    hehe…

    *mohon bimbingannya, karena aku baru aja mengenal 3dmax, dan ingin tau lebih banyak…
    makasi ya…

  2. @Diah
    Cara yang saya gunakan diatas bisa dikatakan teknik Compositing, yakni memadukan beberapa animasi diatas satu layer kemudian dirender bersama menjadikan satu animasi utuh.

    Untuk membuat seperti yang diah katakan saya sarankan lebih baik mengunakan animasi utuh. Teknik yang paling mudah adallah dengan memanfaatkan fungsi “Path Constrain”, yakni membuat animasi mengikuti alur kurva tertentu. Untuk keterangan lebih jauh coba gunakan Fasilitas Help 3D Max.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s