DivX – XviD – realmedia

Assalamualaikum,…

Teman-teman pasti sudah pernah mendengar nama-nama diatas. Klo yang belum, maka nama-nama itu lebih dikenal sebagai jenis kompresi Digital untuk file-file Audio Visual.

DivX (Digital Video Express)
Lebih dikenal dengan Divx-codec keluaran DivX,Inc. KOmpresinya menggunakan standar MPEG-4 . File AV hasil kompresinya tetap ber-Extensi *.avi, memiliki ukuran file yang lebih kecil tetapi kualitas-nya tetap terjaga. Dalam kompresinya, DivX codec ini biasa bersanding dengan format Mp3 untuk audionya.

XviD
Coba perhatikan, merupakan kebalikan dari kata DivX. XviD merupakan versi gratis atau istilah kerennya OpenSource dari DivX jadi tetap juga menggunakan Kompresi standar MPEG-4 . Saat ini, XviD merupakan kompetitor utama untuk DivX. Kelebihan utamanya dibanding DivX adalah kemampuannya untuk dijalankan diberbagai platforms dan OS. File hasil kompresinya juga tetap ber-extensi *.avi

Realmedia/rmvb
Merupakan format multimedia keluaran RealNetworks. Hasil kompresinya dari segi ukuran file akan sangat kecil jika dibandingkan dengan DivX ataupun XviD oleh karena itu biasa digunakan untuk keperluan fileSharing (Bittorrent, eDonkey dan Gnutella).Hasil kompresinya biasanya ber-extensi *.rmvb atau *.rm

Sebenarnya masih banyak codec-codec lain tapi disini saya coba menjelaskan codec-codec yang paling sering saya gunakan untuk kompresi file2 multimedia. DivX dan XviD biasa saya gunakan untuk kompresi video2 hasil Capture dari TV (kebanyakan Video Klip), alasannya agar suaranya bisa menggunakan format mp3 atau yang setara dengan mp3. Sedangkan rmvb biasanya saya gunakan untuk file-file movie hasil dari VCD dan DVD biar gak terlalu “makan” Harddisk.

Untuk perbandingan seluruh codec-codec yang ada bisa lihat di sini
Sedangkan untuk codec-nya bisa didapatkan disini

One thought on “DivX – XviD – realmedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s