Pilkades

Assalamualaikum,…

Baru-baru ini di tempat kost saya diadakan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) dengan jumlah calon sampai 5 orang. Satu diantaranya adalah seorang Ibu (Perempuan).

Salah satu teman saya, yang aktivis kampus sekaligus simpatisan salah satu Parpol menjadi tim pengawas. Kurang lebih sekitar 3 malam sebelum hari pencoblosan, dia bersama teman-teman lain yang menjadi pengawas Pilkades mengadakan semacam pertemuan. Saya sendiri tidak tahu apa yang dibicarakan soalnya pertemuannya itu mendadak dan berlangsung mulai pukul 23.00. Saya tidak tahu sampai jam berapa pertemuannya itu, soalnya saya udah tidur.

Esok paginya saya langsung tanya ke dia, “ada apa kok semalam tiba-tiba ada pertemuan?”. katanya “bahas pelanggaran dan kecurangan Pilkades”. Dari hasil perbincangan saya dengan dia, ternyata hampir semua calon melakukan pelanggaran. Mulai (yang menurut saya) biasa sampai yang luar biasa.

Misalnya, (ini yang luar biasa) salah satu Calon (yang perempuan) adalah Istri dari salah satu anggota DPRD disini, menyuap seluruh panitia Pilkades mulai dari tingkat Kabupaten agar bisa meloloskannya. Selain itu dia menciptakan salah seorang Calon boneka agar bisa memecah suara calon-calon yang lain. Jadi sebenarnya cuma ada 4 Calon + 1 Calon Boneka.

Terus pelanggaran lain yang menurut saya dalam kategori biasa adalah banyaknya calon pemilih yang tidak mendapatkan kartu pilih, padahal sebagian besar mereka sudah tinggal lebih dari 2 tahun dan sudah memiliki KTP daerah setempat.

Hmmm,…..
Ditingkat yang paling bawah saja (Pilkades), pelanggaran dan kecurangan bisa sampai seperti itu….Apalagi untuk tingkat diatasnya…untuk pemilihan yang lebih besar….

Ternyata memang masih banyak orang yang dibutakan oleh kekuasaan….

Ya Allah, mudah-mudahan hambaMu ini tidak termasuk di dalam golongan itu…Amiennn

Leave a Reply

