Format DWF pada ACAD

Anda yang biasa berkecimpung dengan dunia Design pasti telah sering mendengar tentang DWF, tapi tidak mengetahui apa sebenarnya kegunaannya. Melalui artikel ini, Anda akan lebih tahu apa sebenarnya DWF itu dan bagaimana DWF akan menghemat waktu dan uang Anda serta menjadikan proses desain Anda menjadi lebih efisien.

Format DWF telah ada pada seluruh releases AutoCAD, mulai dari yang paling tua sampai yang terbaru pada saat ini. Pada awalnya DWF adalah kependekan dari Drawing Web Format. Akan tetapi karena jenis format ini semakin lama semakin “Powerful” dan menjadi Universal maka DWF berubah menjadi Design Web Format. Kini seluruh produk-produk dari Autodesk telah mendukung jenis format seperti ini.

Sebagai seorang Designer tentunya Anda pernah merasakan seatu kejadian dimana Anda telah menyiapkan beberapa rancangan gambar dan menginginkan agar gambar-gambar tersebut diperiksa oleh supervisor Anda. Untuk memberikan semua file-file gambar itu, Anda memilih untuk mengirimkannya lewat E-mail. Masalah mulai timbul ketika Anda mengetahui bahwa ukuran seluruh File gambar Anda sangatlah besar, dan akan sangat membosankan bila Supervisor Anda harus menunggu untuk men-download semua file-file itu. Selain itu ternyata Supervisor Anda tidak memiliki Software AutoCad sehingga Anda memutuskan untuk mem-plot seluruh file gambar Anda, kemudian mengirimkannya ke Supervisor Anda untuk diperiksa. Jika ada gambar-gambar Anda yang belum sesuai maka Anda akan memulai lagi seluruh kegiatan diatas.

Dengan menggunakan DWF, kegiatan yang membuang waktu dan uang seperti diatas tidak perlu Anda lakukan. Anda dapat membuat beberapa Sheet Gambar untuk Supervisor Anda dengan ukuran file yang sangat kecil. Anda tinggal menggunakan perintah Publish pada AutoCAD, kemudian file-file gambar Anda akan diubah ke format DWF. Seluruh Sheet gambar Anda akan berada dalam satu file yang bisa diakses melalui Internet. Supervisor Anda tinggal meng-Instal Autodesk Express Viewer yang bisa didownload gratis dari Autodesk.com. Hasilnya pun bisa tampil Interaktif sebab disediakan fasilitas untuk Pan, Zoom, dan yang terpenting adalah fasilitas Plotting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s