Fungsi vs Gengsi

Assalamualaikum,…

Tulisan ini saya angkat berdasarkan pengalaman pribadi saya, dimana kebanyakan saya melihat Gengsi telah mengalahkan Fungsi. Terus terang saya juga terkadang seperti itu. Ambil contoh masalah Handphone. Siapa yang tidak punya Handphone saat ini, sampai pernah ada iklan salah satu produsen handphone yang bekerja sama dengan salah satu operator telekomunikasi, “Hare Genee gak punya Handphone????”


Jadi, mulai dari anak kecil yg baru bisa baca sampe orang tua yg udah rabun pun pasti punya Handphone. Nah, yang mau saya soroti disini adalah kebanyakan (sebenarnnya dari kalangan Mahasiswa sih) orang-orang yang memiliki Handphone itu, hanya mementingkan segi “gengsi-nya” tanpa memikirkan segi “fungsi-nya”.

Tepatnya seperti ini, ketika suatu merek Handphone mengeluarkan seri terbarunya maka kebanyakan orang-orang tersebut akan berlomba-lomba untuk memilikinya entah butuh atau tidak yang penting punya barangnya dulu. Hasilnya apa?, Handphone mahal yang seharusnya bisa digunakan untuk ini-itu dan banyak lagi hanya dipakai untuk “foto-foto”, Misscall, SMS, terima telpon. Atau yang paling aneh terkadang, mereka sanggup membeli Handphone mahal sengan fitur se-abrek tapi gak mampu beli pulsa yang hanya 10 rb – 20 rb yg paling murah.

Contoh lain adalah Mobil. Coba perhatikan di Indonesia, mobil-mobil termahal di dunia pasti ada di Indonesia. Terkadang saya barusan semalam nonton Iklan mobil terbaru keluaran salah satu produsen mobil ehhh besoknya liat dijalanan udah ada aja orang yang punya tuh mobil. Masalahnya, terkadang mobil itu sendiri (menurut saya), sebagian besar waktunya ada di tempat parkir Kantor ato rumah. Mau dibawa kemana-mana juga biasanya terjebak macet, apalagi di Jakarta dan Bandung.

Itulah sedikit pandangan saya ketika Gengsi mengalahkan Fungsi

5 thoughts on “Fungsi vs Gengsi

  1. Wah setuju sekali bro! Saya sendiri cuma pake SE T65, itu pun belum semua fungsinya saya gunakan. Memang, kadang kadang kita perlu membedakan antara “kebutuhan” dan “keinginan” hehehehe.

Leave a Reply

