Cara sederhana mencegah Terinfeksi Virus Lokal

Assalamualaikum,…

Pada kesempatan kali ini saya mau membagi cara sederhana agar komputer kita tidak mudah terinfeksi Virus-virus Lokal.

Menurut pengamatan saya, kebanyakan virus lokal menginfeksi komputer dengan memanfaatkan fungsi autorun dari komputer atau menyamarkan diri menjadi folder/file office/file gambar namun ber-extensi *.exe (application).

Untuk virus yang menginfeksi dengan teknik autorun, cara satu-satunya adalah meniadakan fungsi autorun pada komputer kita. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan software. Kalau mau coba bisa donwload disini

Sedangkan untuk Virus yang menginfeksi dengan cara “menyamarkan diri” maka salah satu cara pencegahannya adalah dengan “membongkar penyamarannya” itu.

Ciri utama virus yang menyamar adalah Icon tampilannya tidak sesuai dengan extensi-nya. Misalnya Folder, dalam keadaan apa pun tidak memiliki extensi tapi folder yang lagi menyamar pasti memiliki extensi *.exe (application). Contoh lainnya adalah file MSWord. Normalnya, file-file tersebut ber-extensi *.Doc. Misalnya, file MSWord yudhicakep.Doc ketika terinfeksi virus maka akan berubah menjadi yudhicakep.exe

Nah, untuk mencegah agar kita tidak mengeksekusi file yang salah, ada baiknya kita aktifkan saja “Extentions file types“-nya. Caranya, buka Explorer > Menu Tools > Folder Option > Tab View. Hilangkan tanda centang pada “Hide Extentions for Known File Types”. Dengan cara ini, Windows akan memunculkan seluruh extensi file-file yang ada di komputer kita. Jadi, “penyamaran” si Virus akan sangat mudah terbongkar.

Kalau menemukan Virus yang sedang menyamar, jangan coba-coba eksekusinya. Tapi langsung di-Delete saja. Tentunya dalam kondisi komputer kita tidak sedang terinfeksi.

Kemudian, bagi teman-teman yang komputernya pernah terinfeksi virus lokal, bisa mencoba cara ini untuk recovery.

Yah, selamat mencoba. Mudah-mudahan berguna

Powered by ScribeFire.

7 thoughts on “Cara sederhana mencegah Terinfeksi Virus Lokal

  1. Hmm… mas, waktu itu saya pernah coba ngubah ekstensi file-file excel yang kena virus (jadi .exe) supaya balik lagi ke .xls. Saya ubahnya cuma direname aja (dengan Hide Extentions-nya sudah diuncheck). Dieksekusi ke excel pun bisa, bisa berjalan layaknya file spreadsheet biasa.

    Tapi masalahnya, sebenarnya virusnya nyebar ngga sih? Soalnya saya sudah cari-cari (show hidden files & folders), dokumen aslinya ngga ada. Jadi saya pikir virusnya itu aslinya cuma ngubah ekstensi data aja. Tapi khawatirnya kalau ternyata file itu justru sudah berubah jadi virus.😐

  2. @Xaliber Von eginhild
    walaupun Extensinya dibalikin, tapi sebenarnya dia adalah Virus. Jadi dengan mengeksekusinya sama saja mengaktifkan Virus Tersebut

    File aslinya tidak hilang tapi di “Super Hidden” sama Virusnya. Jadi, walaupun sudah “show Hidden Files & Folders” tetap gk bakalan kelihatan. Caranya pake cmd trus ketik attrib -s -h [direktori tujuan]
    File yg di “Super Hidden” akan muncul kembali

  3. Duh puzzing, kompi kna virus kangen!!! Gw ga tau tu varian brp? Ciri2Y da file yg brhubngan dgn friendster gto… Any oné can help me please. Thanks

  4. instal ulang aja de mas, cari file yang menyamar, pakai linux aja mas semua akan terdeteksi oleh linux, mariki diii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s