Peri Kecil Di Sungai Nipah

Assalamualaikum,…

Kali ini saya ingin mengulas mengenai Novel yang baru saja selesai saya baca.

Judul : Peri Kecil Di Sungai Nipah
Penulis : Dyah Merta
Penerbit : Koekoesan
Cetakan Pertama tahun 2007

Secara garis besar, novel tersebut bercerita tentang usaha balas dendam seorang “Anak Haram” bernama Kulung kepada keluarga ayah kandungnya. Disamping berisi kisah percintaan remaja, pesan-pesan sosial dan kritik-kritik tajam terhadap kebijakan pemerintah yang disampaikan secara halus namun dalam dan tepat sasaran.

Pemilihan nama tokoh dan latar/lokasi sangat “Indonesia”. Dan inilah menurut saya daya tarik utamanya. Simak saja nama-nama tokohnya seperti Kulung, Dagu, Gora dan (yang paling Eksotis menurut saya) Karyo Petir. Lokasinya pun digambarkan sebagai daerah pedalaman yang secara bertahap berubah karena adanya program-program pembangunan dari pemerintah.

Gaya penulisan bahasanya pun sangat baik menurut saya. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang sebaik-baiknya. Hanya terkadang saya sempat terkecoh karena tidak sigap menangkap perubahan subjek atau objek dalam cerita. Terkadang dalam suatu dialog saya tidak tahu siapakah yang menjadi Subjek dan siapakah yang sedang menjadi Objek pembicaraan.

Alur ceritanya pun menurut saya sangatlah sulit untuk diikuti. Kita akan selalu dibawa “bolak-balik” oleh si penulis. Hampir tidak ada alur yang tetap dalam setiap segmen cerita. Tiap-tiap tokoh memiliki masa lalu yang kompleks dan mempengaruhi sikap atau kehidupannya dimasa sekarang. Oleh sebab itu, kita akan selalu dibawa kembali kemasa lalu oleh penulis semata-mata untuk menjelaskan atau menguatkan tindakan-tindakan seorang tokoh dimasa sekarang.

Jadi, bagi Anda para penggemar karya sastra Indonesia wajib memiliki Buku ini….  

One thought on “Peri Kecil Di Sungai Nipah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s