Rahasia Meede

Assalamualaikum,..

Rahasai Meede

Selama 1 bulan mati suri, ada beberapa novel yang saya tamatkan. Salah satunya adalah novel “Rahasia Meede”  yang ditulis oleh E.S Ito.
Seperti judulnya diatas, Novel ini bercerita tentang perburuan harta karun VOC di Nusantara. Perpaduan Fiksi dan Non Fiksi di Novel ini sangatlah baik sampai-sampai saya sendiri menganggap semua yang diceritakan di dalam novel ini adalah sebuah kenyataan sejarah. Misalnya organisasi “Anarki Nusantara” pimpinan Attar Malaka.

Sang penulis pun sangat baik dalam merunut sejarah VOC di Nusantara, mengabungkan dengan imajinasinya sehingga menjadi suatu karya Fiksi Sejarah yang menarik.

Yang paling menonjol dari novel ini adalah dominasi pemikiran-pemikiran Bung Hatta dan Gandhi yang secara keseluruhan melatarbelakangi tindakan-tindakan tokoh utamanya. Dan satu lagi, sang penulis sangat benci dengan Sinetron yang sebagian besar berasal dari rumah produksi “Kartel India”.

4 thoughts on “Rahasia Meede

  1. untuk buku kedua lumayan bagus lah. meski sebenernya banyak hal yang harusnya tidak dipaksakan untuk masuk ke dalam novelnya. cuma sekedar “numpang” cerita tentang kejadian dimasa lalu.
    meski tidak dapat dipungkiri novel yang didukung riset seperti ini merupakan genre baru di indonesia.

  2. Novel yang didukung riset memang sudah saatnya ada di Indonesia. Mengingat kerap kali orang asing sering mengambil alih milk bangsa ini. Semakin sering adanya riset dan tulisan yang dipublikasikan mengenai budaya masa lampau maka semua bisa membaca dan mempelajari budaya itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s