Gak ada yang kebetulan

Assalamualaikum,…

Gak ada yang kebetulan.
Kalimat itu pertama kali aku baca dan pahami di salah satu novel Karya Andera Hirata.

Dan memang benar sih. Gak ada yang merupakan kebetulan di dunia ini. Semua sudah digariskan oleh-Nya. Dan, sejak itu saya berusaha untuk tidak bilang “kebetulan” kalau sedang berckap-cakap.

Sebenarnya sudah banyak sekali kejadian yang saya alami membuktikannya. Pada mulanya saya cuma anggap kebetulan belaka. Nih, yang paling baru kejadian hari ini.

Hari ini tuh saya sudah rencana mau Jalan sama teman-teman soalnya tidak ada Jadwal kerjaan lembur.  Rencananya Jam 1 siang kita semua akan ketemuan di kost salah satu teman saya. Untuk menghabiskan waktu, sekalian saja saya bersih2 Kamar kosan, nyuci baju selama seminggu, sekalian bersihin kamar mandi yang udah berlumut disana-sini.

Selesai bersih-bersih kira-kira jam Sebelas Lewat tiga puluh menit. Sekalian nunggu waktu Dzuhur, masuk kamar mau ngambil buku bacaan ehh ternyata oh ternyata satu baju Dinas ketinggalan dicuci. Ya udah, sekalian aja besok dengan baju2 kotor hari ini pikirku. Trus liat di layar HP ada mIscall, sepertinya dari salah satu pelanggan.

Jam dua belas lebih 3 menit ada telpon lagi dari nomor yang sama. Yah, sebagai orang yang (sok) profesional aku terima saja. Dan ternyata oh ternyata itu adalah panggilan gangguan/service. Salah satu plan mereka ada masalah dan sepertinya masalahnya dari PLC. Nahh………………………apa boleh buat. Rencana tinggal rencana, Tuhan lah yang menentukan.

Jadi, dari rencana ketemuan Jam 1 sampe salah satu baju Dinas lupa dicuci semua bukanlah suatu kebetulan. Tapi hal yang memang sudah digariskan oleh-Nya pada saya di Hari ini.

jadi, tidak ada yang kebetulan kan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s