Kena Tilang !!!

Duhh.. baru merasakan bagaimana rasanya kena tilang pake mobil orang dan mobilnya harus ditahan karena saya gak bawa SIM
Malu…kepikiran..gk enakan sama yang punya mobil…sampe gak konsentrasi ke kerjaan

Kronologisnya sih biasa, bawa mobil, gak nyadar ternyata didepan sudah ada Razia. Awalnya pikir razia mobil Truck karena didepan sudah banyak mobil Truck yang diparkir, entah lagi diperiksa atau sudah ditinggal pemiliknya karena kelengkapannya kurang. Ternyata ini razia umum, mulai motor, Truck sampe mobil pribadi. Alhasil mobil kami juga diberhentikan, dan terjadilah “common dialogue” antara saya sang pengemudi dan si Polisi :

Polisi : Sore Pak, boleh liat surat-surat nya
Saya : (buka kaca, keluarin STNK) .. ini pak
Polisi : SIM nya pak
Saya : (dengan mimik muka sekasihan mungkin biar dikasih lewat) waduh pak..lupa, gak bawa pak
Polisi : Anda punya SIM atau Tidak ?
Saya : (dengan bangga nunjukin Kimper perusahaan yang ada kode SIM-A nya) Ini pak, kalau gak ada ini saya gak mungkin bisa bawa Mobil
Polisi : Itu apa ?
Saya : Kimper pak
Polisi : Sekarang ada sedang mengemudi dimana ?
Saya : Jalan Umum Pak
Polisi : Kimper untuk dimana ?
Saya : (baru ngerti arah pembicaraannya … tersudut …) Iya pak, saya mengerti… saya tidak bawa SIM pak
Polisi : Baik, silahkan turun dari mobil
Saya : (turun dari mobil ngikutin pak Polisinya ke meja Tilang)

Disitu ternyata sudah banyak orang-orang seperti saya, para pesakitan lalu-Lintas yang lagi ngantri nunggu surat tilang hahaha…

Akhirnya saya dapat surat tilang nya. Sempat berpikir untuk meminta Slip Biru tapi entah mengapa bawaannya sudah gak berani, karena saya sendiri memang salah tidak membawa SIM saat berkendara di jalan Umum

Akhirnya mobil ditahan, dan minta jemput teman untuk balik ke kantor

Sampe kantor langsung menghadap ke Admin untuk minta pertolongan agar Mobil bisa segera diurus keluar dari kantor polisi. Informasi awal mengatakan bahwa itu akan diurus oleh pihak ke-3. Alhamdulillah

Besoknya ternyata informasinya berubah, karena itu kesalahan saya maka saya yang harus mengurusnya sendiri. Dari hasil telpon sana-sini dan diskusi dengan orang-orang yang berpengalaman untuk urasan beginian akhirnya tiba disatu kesimpulan bahwa saya harus mengurusnya sendiri dengan datang ke Polsek, masuk ke bagian Tilang dan meminta Slip merah saya di Ganti dengan Slip Biru.

Pikiran sudah berkecamuk saja nih. Bayangan bakal dipersulit sama Polisi sudah memenuhi isi kepala, mulai dari di “ping-pong” sana-sini sampai dimintai pembayaran lebih dari yang seharusnya karena yang ditangkap adalah mobil perusahaan. Pokokna jelek lah pikiran saya saat itu tentang Polisi yang nantinya akan saya hadapi itu

Bismillah, berangkat ke kantor polisi. Sampai disana, ternyata bagian tilang berada tepat disamping pos Piket polisi. Jadi gak mesti masuk kedalam untuk keliling tanya kesana-kemari dimana ruang tilang. Ketuk-ketuk bentar lalu masuk, didalam sudah ada seorang polisi dan asistennya (bukan polisi, sepertinya sih akan lagi magang saja).

Polisi : Yak, ada yang bisa dibantu Pak
Saya : Gini pak (sambil ambil kursi duduk didepan meja dia), ini saya kena tilang kemarin (sambil ngasih surat tilang kemarin ke dia)
Polisi : (diliatin surat tilang nya..kita-kira 10 detik) Terus bapak mau apa ?
Saya : Tolong diganti dengan Slip biru pak

Gak pake lama, slip merah saya langsung diganti dengan Slip biru. Alhamdulillah, saya tidak dipersulit. Terima Kasih pak polisi.

Saya pun bergegas ke Bank BRI, lumayan ngantri lama dan tidak bisa langsung ke Teller untuk bayar dendanya. harus ke Customer Service dulu, disitu diberikan form khusus untuk bayar denda tilang baru kemudian ke Teller untuk dproses

Alhamdulillah, mobil bisa dibawa Pulang

Sekedar Informasi,
Slip Merah digunakan apabila kita merasa tidak bersalah dan bersedia mengikuti sidang. Namanya sidang, bisa saja kita divonis bebas tidak bersalah ataupun bersalah sedangkan Slip biru digunakan apabila kita mengaku bersalah dan bersedia membayar denda maksimal sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Cuma yang belum saya mengerti adalah apakah bisa Slip Biru diminta ketika kita ditilang atau harus Slip merah dahulu baru kemudian bisa ditukar dengan Slip Biru. Sudah banyak tulisan-tulisan yang saya baca mengenai Slipmerah/Slip Biru ini. Ada yang berhasil meminta ditempat ada juga yang tidak berhasil dengan alasan ini/itu dari Polisinya

Kesalahan saya pada saat itu adalah tidak membawa SIM dan menurut undang-undang terbaru tahun 2009, tidak bisa menunjukan SIM denda nya adalah Rp250,000 . Hati-hati bagi yang tidak memiliki SIM karena dendanya sangat lah besar, Rp1,000,000

Pesan moral : Dompet penting untuk dibawa🙂

2 thoughts on “Kena Tilang !!!

Leave a Reply

