Maju dengan Program Televisi

Sabtu sore kemarin, saya terkesima dengan 2 acara televisi di salah satu Stasiun TV Swasta kita. Judulnya Indonesia Bagus dan Lentera Indoensia. Kenapa saya terkesima ? karena sama sekali tidak ada program TV sejenis di Stasiun TV lain padahal menurut saya acara seperti inilah yang seharusnya dikedepankan, bukan Sinetron, bukan Infotainment, Bukan debat kusir politik, bukan reality show, bukan acara joget-joget, dan….(ahh sudah lah, terlalu banyak)

Lentera Indoensia, merupakan tayangan dokumenter yang secara khusus menayangkan kisah nyata inspiratif dari para anak muda-anak muda Indonesia yang menjadi guru/pengajar didaerah-daerah terpencil yang terkadang tidak terjangkau tangan pendidikan formal karena kondisi geografisnya atau juga karena akar adat-istiadatnya. Anak muda-anak muda inilah yang menurut saya “the real hero without honors”. Episode yang saya tonton kemarin adalah episode “Relawan Sokola Suku Kajang“.

Sang relawan diepisode ini menunjukkan bahwa terkadang pendidikan untuk anak-anak terhalang oleh akar adat-istiadat yang sangat kuat didaerah tersebut. Untuk suku kajang, anak laki-laki secara adat kerjanya adalah menggembala ternak dari pagi sampai sore, sedangkan anak perempuan membantu orang tua di rumah. Untuk dapat mengajarkan anak-anak tersebut calistung, sang relawanlah yang harus aktif dengan mendatangi anak-anak yang sedang menggembala ternak mereka. Kendalanya tidak sampai disitu saja, namanya menggembala ternak pasti lokasinya berbeda-beda. Jadinya dia harus bisa mengumpulkan semua anak-anak tersebut disatu ladang gembala untuk memulai proses belajar-mengajarnya. Dan jangan salah, bahasa yang digunakan pun harus bahasa daerah suku Kajang. Its a must. Sedangkan anak-anak perempuan belajar pada waktu malam, dirumah salah satu tetua adat.

Ada satu hal unik menurut saya. Sebenarnya tidak semua suku Kajang menolak pendidikan formal. Ada juga yang sudah terbuka dengan pendidikan formal. Suku kajang yang telah menerima pendidikan formal ini mau menyekolahkan anak-anaknya di sekolah formal dengan 1 syarat mutlak. Seragam putih merah harus diganti dengan seragam putih hitam. That’s awesome, mereka menjaga betul budaya leluhurnya. Dengan kebijakan itu, dari tahun ke tahun jumlah anak didik disekolah tersebut semakin meningkat

Sedangkan Indonesia Bagus, adalah tayangan dokumenter yang menyajikan sekaligus tentang keindahan alam Indoensia dan keunikan budaya didalamnya. Dari pengalaman saya menonton tayangan ini, tidak semua yang ada didalamnya dapat kita temukan dibuku-buku pelajaran sekolah. Banyak hal menarik mengenai Indonesia yang sama sekali tidak terpublikasi. Menurut saya, publikasi keindahan dan budaya Indonesia terlalu terpusat di Jawa dan Bali, padahal Indonesia lebih kaya dari itu. Jawa dan Bali hanya sebagian kecil dari kekayaan dan keindahan Indoensia.

Mudah-mudahan masyarakat kita semua makin cerdas sehingga kebutuhan akan acara-acara seperti ini juga semakin tinggi
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s